karimunjawa jadi salah satu tujuan wisata http://agent88bet.co/
yang paling digemari wisatawan. Apalagi sekarang kian mudah pergi ke sana dengan memakai kapal yang disediakan oleh PT Pelni. Kapal tersebut dapat membawa lebih dari 50 penumpang danpasti saja walau cuaca buruk kapal itu masih dapat berlayar.

traveling berlarian tak pasti arah di dalam kepala, dansuatu quote traveling kesayangan “The world is a book, and those who do not travel read only one page” yang sekitar ini menjadi pegangan dalam menjalankan ‘ibadah’ traveling terngiang-ngiang, muncullah dalam pikiran saya keindahan alam yang ditawarkan Phi Phi Island di Thailand, Maldives, Raja Ampat, atau Pulau Komodo. Namun saat menyaksikan budget yang dimiliki, rasanya saya hendak menangis sebab yang duit masih menjadi masalah utama. Terpaksa saya membuka travel wishlist yang tidak dipedulikan menjadi mitos belaka. Dulu saya tertarik dengan satu tujuan lokal yang lebih aman di kantong, namun tidak kalah spektakuler. Karimunjawa, sang “Caribbean van Java”.

Keindahan Pulau karimun Jawa

Keindahan Pulau karimun Jawa

Flashback ke tahun 2009, Karimunjawa pernah menjadi di antara top travel wishlist saya ketika duduk di bangku kuliah. Mungkin saya menjadi korban ‘kenakalan’ suatu acara jalan-jalan di TV. Saya akui bila saya ialah tipikal orang yang gampang kepingin bakal sesuatu. Tapi, berguling-guling di pantai berpasir putih, berenang di laut berwarna toska, berteduh di bawah pohon sembari minum es kelapa muda,menyaksikan matahari tenggelam di pantai—siapa yang tidak ngiler dengan iming-iming laksana itu?

Karimunjawa adalahsalah satu kecamatan berbentuk kepulauan yang masuk dalam distrik Jepara utara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Namanya saja kepulauan, tidak sedikit sekali pulau berpenghuni laksana Pulau Karimunjawa (pulau utama dan terbesar), Pulau Nyamuk, Pulau Kemujan, Pulau Parang, dan Pulau Genting, serta pulau-pulau tak berpenghuni laksana Pulau Menjangan (Besar dan Kecil), Pulau Cemara (Besar dan Kecil) dan pulau lainnya yang sama eksotisnya dengan sejumlah pulau tersebut. Tidak heran andai Karimunjawa dijuluki ‘Karibia di Jawa’ oleh semua kompeni (penjajah Belanda).

Peta_Karimunjava_Map

Tak kalah dengan tujuan internasional lainnya, Karimunjawapun mampu menyuguhkan empiris kehidupan pesisir yang tak terlupakan. Mulai dari mengembara tiap sisi pulau untukmengejar pantai, duduk di bawah pohon tepi pantai dan membaca kitab sembari menantikan ikan bakar matang sempurna, berlarian dengan ombak yang menggulung tenang, membenamkan kaki dalam pasir putih lembut dan tidak mempedulikan sinar matahari menyeka kulit, hingga menyelam di lautan dengan pelbagai fauna laut dan warna-warni terumbu karang. Atau,dapat juga sekadar bersenda gurau dengan warga lokal di pelabuhan sambil menantikan matahari tenggelam.

Dalam tulisan ini, saya hendak sedikit berbagi apa yang saya lihat, rasakan, lakukan, dan pelajari di Karimunjawa untuk traveler yang hendak menyapa Karimunjawa secara langsung. Beberapa list where to go dan what to do serta tips yang barangkali berguna untuk traveler yang masih tidak cukup informasi tentang Karimunjawa.